Perpusnas RI

UPT Proklamator Bung Hatta Gelar Bedah Buku Bung Hatta

Memperingati hari lahir Tokoh Proklamator Indonesia Muhammad Hatta yang ke-114, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menggelar berbagai macam kegiatan edukasi untuk mengenang peran kiprah serta karya-karya monumental beliau semasa hidup, salah satunya kegiatan bedah buku berjudul “Demokrasi Untuk Indonesia : Pemikiran Politik Bung Hatta”, Kamis, (25/8).

Buah pikir Bung Hatta tersebut didekasikan khusus bagi generasi muda Indonesia. Buku tersebut mengulas tuntas sosok Bung Hatta yang dikenal sebagai pemikir sekaligus pejuang demokrasi dan kedaulatan rakyat. Lalu, dikupas pula sosok Bung Hatta yang mengenalkan konsep kebersamaan dan kekeluargaan dalam demokrasi, sehingga menjadi identitas demokrasi Indonesia yang membedakan dengan demokrasi dunia luar (barat) yang lebih condong ke arah paham individualisme.

Demokrasi Hatta lahir dari proses perenungannya terhadap proses sosialisasi politik yang dialaminya selama tiga dasawarsa. Kolektivitisme masyarakat budaya Minangkabau mengakar kuat dalam pribadi Bung Hatta sehingga menjadi ciri dalam budaya demokrasi yang ia tanamkan di Indonesia. Sebagai pemikir dan pejuang demokrasi, sejak tahun 1930 Bung Hatta berjuang tanpa henti mewujudkan cita-citanya mengenai demokrasi berlandasrkan paham kebersamaan dan kekeluargaan.

“Gagasan dan perilaku kenegarawaan Bung Hatta dalam membangun bangsa dapat digunakan dalam menghadapi tantangan persaingan global, khususnya bagi generasi muda,” ujar Deputi Pengembangan Sumberdaya Perpustakaan Perpusnas Woro Titi Haryanti. Siapa pun yang membaca buku tersebut, kita dapat  menemukan jati diri bangsa sekaligus mempertebal wawasan kebangsaan.

Sementara itu Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta, Purwanto, berharap kegiatan rangkaian kegiatan memperingati Haul Bung Hatta dapat digelar setiap tahunnya sehingga masyarakat luas dapat mengenal lebih jauh figur dan pemikiran – pemkiran Bung Hatta.

Kegiatan bedah buku Bung Hatta  diikuti oleh para pelajar dari sejumlah Sekolah Menengah Atas di Kota Bukittinggi, mahasiswa, guru, dosen, komunitas membaca, instansi pemerintah dan masyarakat umum, serta menghadirkan narasumber Meutia Hatta, penulis Zulfikri Suleman, pakar sejarah sekaligus Dekan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Andalas Gusti Asnan.

 

Reportase : Dora – Humas UPT Bung Hatta 

Sumber : perpusnas.go.id

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close