Perpusnas RI

Lomba Pustakawan Berprestasi 2016 : DI Yogyakarta Kembali Raih Predikat Terbaik

img_1531-370x280

Setelah menjalani serangkaian tes dan wawacara, ke-29 peserta pustakawan berprestasi tingkat nasional akhirnya perwakilan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Agung Wibawa, terpilih sebagai pemenang pada Lomba Pustakawan Berprestasi yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Nasional. Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional Muh. Syarif Bando di Jakarta, (16/8).

Pustakawan Agung Wibawa berhasil mengungguli para kompetitor dari seluruh provinsi, termasuk Wahid Nashihuddin dari DKI Jakarta, dan Ahmad Syawqi dari utusan Kalimantan Selatan yang kemudian terpilih sebagai peringkat dua dan tiga terbaik. Capaian yang diraih Agung Wibawa mengulang kesuksesan tahun sebelumnya dimana perwakilan dari DI Yogyakarta juga meraih predikat juara pada lomba pustakawan.

Dalam pidato penutupnya, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryati mengingatkan bahwa tugas selanjutnya bagi para pustakawan adalah bagaimana memompa minat baca pada seluruh lapisan masyarakat agar kualitas literasi Indonesia perlahan membaik. “Sebagai duta perpustakaan untuk membaca, mari sama-sama mengembangkan perpustakaan,” jelas Deputi Woro.

Pascamengikuti upacara kenaikan bendera HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Perpusnas, para pustakawan berperingkat terbaik diundang Presiden RI Joko Widodo untuk beramah tamah bersama dengan para pihak yang berprestasi dan teladan lainnya dari seluruh Indonesia di Istana Negara, Jakarta, (18/8).

Di hari terakhir, seluruh pustakawan diajak mengunjungi penerbit buku pendidikan Erlangga sekaligus melihat proses percetakan di salah satu penerbit terbesar di Indonesia. Rangkaian kegiatan pustakawan berprestasi selama satu minggu di akhiri dengan nonton bareng (nobar) film 3 Srikandi yang mengupas kisah heroik tim atlet panahan yang berhasil meraih medali perak di Seoul (1988). Medali tersebut merupakan medali pertama yang diraih Indonesia selama keikutsertaan pada even akbar Olimpiade.

Berikut nama dan peringkat lomba Pustakawan Berprestasi 2016 :

Peringkat I        : Agung Wibawa (DI Yogyakarta)

Peringkat II       : Wahid Nashihuddin (DKI Jakarta)

Peringkat III      : Ahmad Syawqi (Kalimantan Selatan)

Harapan I           : Yusrawati (Aceh)

Harapan II          : Rahmah Fajria (Sumatera Barat)

Harapan III         : Daniel P. Hutapea (Jawa Timur)

Reportase : Hartoyo D

Sumber : perpusnas.go.id

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close