UNIMAL

Rektor Unimal dan Lima Penulis Lain Tulis Buku Kedaulatan Maritim

Buku_Rektor

Rektor Universitas Malikussaleh (Unimal) Prof Apridar bersama lima penulis lainnya menulis buku Menuju Kedaulatan Maritim Indonesia. Kelima penulis lainnya yaitu Prof Daniel Mohammad Rosyid (ITS Surabaya), Kusnadi (Universitas Jember), Masyhuri Imron (LIPI), Suryo Sakti Hadiwijoyo (UKSW Salatiga) dan Ary Wahyono (LIPI).

Buku setebal 134 halaman itu diterbitkan oleh Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta. “Saya dan lima penulis diminta untuk memberikan masukan soal pembangunan maritim Indonesia oleh penerbit. Buku itu oleh penerbit dibagikan secara gratis dalam program Buku untuk Indonesia,” sebut Prof Apridar, Kamis (16/6/2016). Dalam buku itu sambung Prof Apridar masing-masing penulis memberikan masukan untuk pembangunan sektor maritim. Misalnya, bagaimana pola pemberdayaan masyarakat pesisir agar mandiri secara ekonomi dan menjaga ketahanan nasional. “Selama ini kan kawasan pesisir terkesan ditinggalkan, kurang diperdulikan. Nah, Presiden Joko Widodo fokus ke laut, untuk itu salah satu yang harus jadi fokus utama menumbuhkan ekonomi mikro di masyarakat pesisir,” ujarnya.

Diharapkan sumbangan pemikiran itu bisa diadopsi pemerintah untuk menyusun pembangunan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Sehingga, Indonesia yang memiliki laut begitu luas bisa memanfaatkan kekayaan laut untuk kesejahteraan rakyat. “Kita harap sumbangsih pemikiran ini bisa menjadi acuan pembangunan pesisir untuk pemerintah pusat dan daerah. Mengingat penerbit juga memberikan buku itu secara gratis pada pemerintah daerah dan pusat,”pungkasnya.

Sumber : unimal.ac.id

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close