Perpusnas RI

Roadshow Perpusnas di Banten : Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Minat Budaya Baca

IMG_8267-370x280

Perpustakaan Nasional menyelenggarakan Roadshow bertepatan dengan HUT ke-36 Perpusnas dan Peringatan Hari Buku Nasional serta Penyelenggaraan “Banten Book Fair 2016”. Acara diselenggarakan di halaman BPAD Provinsi Banten pada hari Kamis (19/05). Dalam rangkaian roadshow juga terdapat aneka perlombaan seperti lomba mewarnai tingkat TK, menggambar tingkat SD, menulis surat untuk Presiden tingkat SMP, selain itu juga dimeriahkan Talkshow yang menghadirkan Gubernur Banten Rano Karno, Plt. Kaperpusnas Dedi Junaedi, Kepala BPAD Banten Andi Fatmawati, Budi Doremi dan Firman Venayaksa selaku Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat seluruh Indonesia. Tema yang diangkat adalah “Wujudkan Indonesia Cerdas”.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Banten Rano Karno memberikan apresiasi kepada Perpustakaan Nasional RI dan BPAD Provinsi Banten yang telah menggelar acara roadshow perpustkaaan di Provinsi Banten. Pada Tahun 2015 lalu Provinsi Banten mendapatkan penghargaan tertinggi Anugrah Aksara Utama dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Tentu saja ini menjadi prestasi yang sangat baik bagi dunia pendidikan di Provinsi Banten, di mana penghargaan tersebut diperoleh atas peningkatan minat budaya baca masyarakat Provinsi Banten,” katanya.

Plt. Kepala Perpustakaan Nasional RI Dedi Junaedi menyampaikan tujuan dari kegiatan Roadshow Perpustakaan Nasional 2016 adalah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap minat budaya baca baik secara kuantitas maupun kualitas. Perpustakaan Nasional RI telah bekerjasama dengan BPAD seluruh Indonesia dengan memberikan bantuan berupa Mobil Perpustakaan keliling guna menjangkau ke daerah-daerah terpencil di Seluruh Indonesia, bantuan buku ke perpustakaan desa seluruh Indonesia.

Kepala BPAD Banten Andi Fatmawati mengatakan, dari hasil penelitian yang dilakukan BPAD Provinsi Banten, diketahui membaca mampu membentuk mental menjadi segar, mengurangi stres dan menambah kosa kata. “Saat ini perpustakaan bukan lagi tempat yang membosankan. Senada dengan fungsi perpustakaan itu sendiri, sebagai fungsi edukasi, informasi, dan rekreasi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan agar minat budaya baca semakin meningkat,” kata Andi Fatmawati.

Firman Venayaksa selaku Ketua Forum TBM seluruh Indonesia, beliau berharap Perpustakaan Nasional RI dan BPAD Provinsi Banten dapat memberikan penyuluhan kepada tenaga perpustakaan di Taman Bacaan Masyarakat yang ada di seluruh Provinsi Banten.

Dalam roadshow tersebut, Budi Doremi penyanyi solo dengan nama asli Syahbudin Syukur menyanyikan dua lagu, yaitu Asmara Nusantara dan lagu andalannya yaitu Doremi. “Ini pertama kali saya nyanyi di tanah kelahiran saya, saya cinta Banten,” ujar Budi. Budi bercerita pada awalnya tidak mencintai Banten, dan tidak tahu apa yang harus dibanggakan dari Banten. Namun setelah melakukan kunjungan ke seluruh nusantara, Budi menyadari bahwa Banten memiliki keindahan yang bisa dibanggakan. “Sekarang saya cinta dan bangga pada Banten,” ujar artis asal Desa Pelamunan, Kota Serang tersebut.

 

Sumber : Arwan Subakti

Sumber : Perpusnas.go.id

 

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close