Perpusnas RI

Wajah Baru Situs Web Perpustakaan Nasional RI

IMG_4860-370x280

Situs web Perpustakaan Nasional RI mengalami perubahan desain menjadi lebih segar dan menarik. Situs web Perpusnas kini tampil lebih modern dan mutakhir sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kepala Perpusnas RI Sri Sularsih menyatakan, situs web merupakan implementasi teknologi yang dibutuhkan setiap lembaga pada saat ini.

Karenanya, situs web harus bersifat dinamis agar tidak monoton dan sesuai dengan kebutuhan semua pihak. Sri menjelaskan, situs web Perpusnas yang ada di domain www.perpusnas.go.id, tidak hanya berisikan informasi, koleksi, dan kegiatan. Namun juga merupakan tuan rumah dari 58 situs web tematik yang berisikan beragam informasi.

“Situs web kami telah menjelma menjadi sebuah portal web, gerbang dari berbagai situs web tematik yang antara lain berisi pengetahuan tentang perpustakaan dan kepustakawanan, ada juga tentang candi, sastra, film, keraton, presiden, dan berbagai koleksi unggulan lainnya,” jelas Sri saat menyampaikan kata sambutan di ruang Teater Perpusnas, Jakarta, pada Rabu (30/3/2016).

Untuk memudahkan pemustaka atau pengunjung dalam menemukan informasi dari 58 situs tersebut, pencarian dilakukan menggunakan pendekatan semantik web. Kepala Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Titiek Kismiyati menyatakan, kajian tampilan baru situs web Perpusnas dilakukan selama satu tahun setelah menerima berbagai masukan. Titiek berharap tampilan baru ini mudah digunakan oleh para pengguna (user friendly) dalam penelusuran serta sistematis saat proses pencarian.

Wajah baru situs web diharapkan bisa meningkatkan kredibilitas, aksesbilitas, dan integritas data dari Perpusnas kepada para pemustaka ataupun masyarakat. Sehingga situs web Perpusnas semakin banyak diakses masyarakat dengan kualitas layanan yang semakin meningkat.

Situs web Perpustakaan Nasional diluncurkan pada 1996. Situs web dinilai sebagai media yang tepat dalam menyampaikan informasi karena tidak terbatas ruang dan waktu. Melalui situs web yang mumpuni, layanan publik yang optimal dapat diwujudkan di tengah masyarakat Indonesia.

 

Reporter: Hanna Meinita/Fotografer: Arwan Subakti

Sumber : http://perpusnas.go.id/wajah-baru-situs-web-perpustakaan-nasional-ri/

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close