Monthly Archives: January 2016

Rekapitulasi Repository UNIMAL

Alhamdulillah Repository Universitas Malikussaleh sudah berjalan selama 1 Bulan semenjak di kembangkan dari bulan Desember 2015, dan telah banyak dilakukan Sosialisasi dan Pelatihan-pelatihan yang langsung di lakukan pada masing-masing Jurusan/Program Studi di lingkungan Universitas Malikussaleh.

Berikut ini Grafik hasil yang diperoleh selama Bulan Januari untuk Repository Universitas Malikussaleh yang ada di Laman http://repository.unimal.ac.id

publikasi-unimal-270116 publikasi-prodi-unimal-270116 publikasi-subjek-unimal-270116

 

Launching dan Bedah Buku Anand Khrisna Jalan Hidup Manusia Menuju Kesempurnaan

IMG_9293Perpustakaan Nasional bersama Yayasan Anand Ashram menggelar bedah buku karya Anand Khrisna yang berjudul Dvipantara Dharma Sastra di Gedung Perpustakaan Nasional, Kamis, (14/1). Bedah buku dihadiri tidak kurang dari 300 undangan dari berbagai daerah.

Buku yang dalam versi Bahasa Inggrisnya berjudul “Centre for Vedic and Dharmic Studies merupakan kumpulan transkreasi dari sloka-sloka Sara-Samuccaya, Slokantara dan Seveka Dharma. “Buku ini berisi tulisan bijaksana masa lampau dari nenek moyang bangsa Indonesia yang dituangkan dalam lontar Sara-Samuccaya dan Slokantara yang ditemukan di Bali,” terang Ketua Yayasan Anand Ashram Wayan Sayoga.

Kalender 2016 UPT. Perpustakaan

Alhamdulillah Kalender 2016 UPT. Perpustakaan Universitas Malikussaleh siap disebarkan kepada Sivitas Akademika UNIMAL.

Kalender Perpustakaan

 

Indonesia One Search : Cara Mudah Akses Koleksi Perpustakaan

DSC_7535-300x200

Indonesia One Search. Mungkin kalimat ini masih terdengar asing di masyarakat, khususnya di kalangan pemustaka. Konsep yang dijalankan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) nantinya akan mengakomodir segala kebutuhan informasi dan pengetahuan bagi siapapun dengan sangat mudah.

Dalam suatu institusi perpustakaan, ragam portal pencarian (OPAC, digital library, e-resources) semuanya dibuat terpisah, sehingga pemustaka harus mengunjungi satu per satu jika ingin mengakses. Dan dari 25.728 perpustakaan yang tersebar di seluruh Indonesia, tidak ada sambungan yang memungkinkan pemustaka bisa memanfaatkan koleksi-koleksi seluruh institusi.

Contohnya, banyak perguruan tinggi yang tidak membuka akses ke fulltext karya mahasiswa. Sementara, sejumlah universitas ternama di luar negeri sudah membuka akses fulltext (PDF) secara gratis.

Indonesia One Search lahir dari kemajuan teknologi informasi komunikasi (TIK) yang terus berkembang sehingga menuntut adaptasi dari semua lini kehidupan, termasuk di bidang layanan perpustakaan. Indonesia One Search juga menjadi jawaban dari fungsi Perpusnas sebagai pusat jejaring perpustakaan. “Indonesia One Search adalah target kolektif di masa depan agar setiap masyarakat bisa mudah mengakses seluruh koleksi perpustakaan melalui satu pintu,” Kepala Pusat Jasa dan Informasi Perpusnas Titiek Kismiyati, saat Lokakarya Grand Design E-Library di Gedung Perpusnas, Senin, (30/11).