Category Archives: Perpusnas RI

Festival Naskah Nusantara II : Meneguhkan Jatidiri Kebhinekaan Indonesia

img_3805-370x280

Aksara merupakan suatu karya budaya yang memiliki arti penting dalam perkembangan kehidupan manusia. Sejak dikenalnya aksara, manusia mampu menyampaikan gagasan dan pikirannya tanpa dibatasi waktu. Tulisan menjadikan manusia memasuki era sejarah. Dengan adanya catatan sejarah, manusia mengetahui masa lalu. Bahkan, sumber tertulis merupakan bahan yang paling memadai dalam penelitian sejarah, baik yang tertuang dalam karya sastra maupun dalam prasasti.

Ronggeng Melayu, Sejarah yang Nyaris Terlupakan

img_3529-370x280-1

Sebagian masyarakat mungkin masih mengenal kesenian tari “Serampang Dua Belas”. Tapi tidak banyak yang mengetahui asal muasal tarian tersebut. Bahkan, nama tarian tersebut mungkin saat ini kalah popular dengan kesenian maupun kebudayan barat yang sering di dengar dan disaksikan di layar kaca. Tapi, tahukah bahwa tarian Serampang Dua Belas merupakan anak tari dari kesenian yang dinamakan Ronggeng Melayu. Kesenian asli Melayu yang berkembang di Aceh dan Sumatera bagian timur—kini dikenal Sumatera Utara.

UPT Proklamator Bung Hatta Gelar Bedah Buku Bung Hatta

Memperingati hari lahir Tokoh Proklamator Indonesia Muhammad Hatta yang ke-114, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta menggelar berbagai macam kegiatan edukasi untuk mengenang peran kiprah serta karya-karya monumental beliau semasa hidup, salah satunya kegiatan bedah buku berjudul “Demokrasi Untuk Indonesia : Pemikiran Politik Bung Hatta”, Kamis, (25/8).

Sarasehan Pustakawan Tingkat Ahli 2016 : Kedepankan Profesionalisme Pustakawan

Jika perpustakaan diibaratkan sebagai gudang peradaban ilmu pengetahuan dan informasi, maka pustakawan adalah kuncinya. Kunci untuk memasuki gudang peradaban. Perumpamaan yang ciamik yang melekat pada setiap jati diri pustakawan terkait dengan amanah dan tugas yang diembannya. Sebagai pemegang kunci peradaban, pustakawan harus membekali dirinya dengan keahlian yang memadai, pengetahuan mumpuni, serta etos kerja yang tinggi.